Tips & Trik Seputar Dapur dan Makanan

Halo warga KKC diberbagai penjuru dunia!

Masing-masing rumah tangga pasti punya jurus jitu gimana bikin dunia dapur dan makanan jadi lebih seru, menyenangkan, efisien, praktis, hingga makin disayang suami/istri dan anak :D

Dari berbagai jurus, tips, trik yang digunakan, mungkin ada yang hasil temuan sendiri dari proses keseharian, ditulari dari orang lain, atau dari sumber-sumber lainnya (internet, buku, dsb). Kita berbagi disini yuuuk.. Pengalaman sederhana kita bisa jadi bermanfaat buat orang lain lho!Mohon perhatikan ketentuan berikut:
1. Ketik langsung pengalaman dengan cara 'Edit Doc'.
2. Usahakan singkat padat jelas; 2-4 paragraf @ berisi maks 6 baris. Untuk kontribusi melebihi 3 paragraf, admin berhak meng-edit redaksi tanpa mengurangi makna/isi--jika dipandang perlu.
3. Boleh menyertakan foto-jika diperlukan dan bikin tambah menarik!

Selamat berbagi! :D
============

MEMBUAT PLAYDOUGH AMAN & MURAH BUAT ANAK2
Kontributor: BuNga Ilalang Ilalang/ http://www.facebook.com/Theresia.Ryan
Sumber:  - 

Untuk ibu2 yang anaknya aktif dan punya imajinasi tinggi...bermain playdough dapat membantu mereka menuangkan imajinasi mereka. Selamat mencoba ya :)

Resep Playdough:
1 cup garam, 3 cups tepung, air secukupnya, pewarna makanan yg tdk berbahaya secukupnya, 3 sendok makan minyak goreng, cetakan yang berjenis2.
Caranya:
campurkan garam, tepung, pewarna makanan, minyak goreng dan air dalam wajan yang besar. adon semua bahan seperti membuat adonan kue, sampai semuanya bisa bersatu dan nggak lengket. lalu tipiskan dan bentuk adonan tersebut sesuai dengan keinginan anak2. 

It's really fun dan anak2 pasti suka dan ibu2 pun bisa ber-fb-an ria dengan tenang :D have a good evening all, xxx
-------------------

BIKIN PANCAKE TANPA BIKIN GOSONG TANPA MENAMBAH MINYAK
Sumber: Dari pengalaman sering bikin pancake.

Khususnya buat para pancakers pemula moga tips ini ngebantu! :) Setelah adonan pancake siap tempur, tuang sesendok makan minyak goreng/butter di wajan. Tunggu sejenak hingga minyak memanas, lalu tuang adonan--kecil aja kira2 diameter 3 cm, dan angkat saat matang. Selanjutnya, jadikan pancake awal itu sebagai pelumas seluruh permukaan wajan tiap kali selesai satu pancake. Dengan gitu wajan tetep licin tanpa tambah minyak/butter, pancake pun ngga mudah hangus :)  Selamat mencoba!
-------------------------------------------

AGAR MASAKAN TUMIS (STIR FRY) TERLIHAT SUCCULENT DAN NGGA KERING
Sumber: Resep2 masakan cina secara acak

Masakan indonesia kurang lebih serupa dengan masakan cina, lebih banyak metode tumis. Namun bedanya cukup nyata, masakan tumis cina terlihat cenderung basah-basah licin, seperti agak creamy, succulent look, dan amat mengundang selera! 

Khususnya buat sesama pemasak pemula seperti saya, rahasianya adalah di 'campuran tepung maizena dan air'. Pada tumisan sayur atau daging tuangi cairan mix tepungmaizena/cornstarch+air. Tingkat kekentalannya bisa disesuaikan selera, makin banyak maizena ya makin kental, makin panas wajan saat tuang maizena makin cepat kering dan menggumpal cairan tepungnya. (note, terlalu kental ngga menarik lagi!) Kapan? Tergantung apa yang ditumis

1. Kalo yang ditumis sayuran sudah direbus dulu sebelumnya, atau sayuran yang mudah layu begitu kena panas, tuangi cairan maizena diakhir tumisan--sesaat sebelum tumisan siap angkat. 

2. Kalo yang dimasak sayuran yang ngga mudah lunak, dan anda pingin rebus sayuran dengan sausnya, tuangi cairan tepung saat sayuran hampir lunak atau pas buat dikunyah. 

3. Untuk masakan yang sebagian bahannya sudah pre-cooked, dan ngga butuh waktu lama buat tahap pencampuran dengan bahan lainnya, bisa juga tuang cairan tepung saat bumbu yang dimasak diwajan mulai tercium harum. Lalu masukkan can aduk semua bahan dalam 'saus' itu.
---------------------------------------------
HILANGIN RASA AMIS AYAM TUMIS (STIR FRY)
Sumber: Hasil belajar masak ala cina dari teman

Setelah ayam dipotong sesuai selera, campurkan cooking wine secukupnya. Biasanya saya pakai satu sendok makan untuk 1 dada ayam. Diamkan beberapa saat--15 sampai 30 menit (marinade). Buat nambah rasa bisa juga tambahkan kecap asin dan berbagai bumbu penyedap yang diinginkan. Setelah itu siap masak.

Catatan: Waktu diajari sih cuma dibilang untuk daging ayam, sapi, dan babi masyarakat cina biasanya gunain cooking wine untuk campuran marinade, tapi ia sendiri ngga tahu supaya kenapa. Hasil uji coba saya temuin daging ayam saya ngga terasa amis lagi seperti sebelum gunaincooking wineSo.. :p
----------------

TIPS SELANJUTNYA.. Siapa menyusul? :D

AK