Jepang dan Korea Selatan

KOREA SELATAN
 
  • Untuk seputar Seoul bisa pake subway sampe ke jeju island. Kalau mau nyari hotel enak daerah Myeongdong karena di downtown dekat ke pusat belanja. Kemudian ke Gyongbuk Palace, Myongdong market, Little river (at christmas suka ada pameran light di sepanjang little river, kalau ke Suwon mampir ke tempat syutingnya drama korea, Nami island naik subway dari Seoul cuma 1 jam..
  • Di Seoul tower, amusement parknya ada yang indoor (Lotte World)
  • Di selatan korea tepatnya d Joellam do atau Jindo island dekat situ ada dinosaurus museum
  • Di kota Ulsan ada banyak makanan indonesia nya, juga tempat-tempat bagus yang perlu dikunjungi
  • Buat tambahan Kalo mau jalan pas summer boleh mampir ke Busan Hyundae beach dan Yeosu water exhibition.
  • Seoul Tower dengan Namsan Park3. Insandong street banyak menjual kerajinan antik khas korea. Seoul Central Mosque di Itaewon.
  • Di Busan ada pasar ikan terbesar namanya Pasar Jagalchi... bisa beli ikannya disana dan bakar di resto sana atau juga langsung ke restonya. ada juga Yongdusan park dan Busan Tower yang merupakan kebanggaan dr masyarakat kota Busan,melihat pemandangan dari Busan Tower sangat indah.
JEPANG
  • TOKYO Sightseeing : Tokyo sky tree, Tokyo tower, Asakusa, Odaiba, Yokohama, Mt. Fuji, Hakone, NikkoShopping : Ginza, Harajuku, Omotesando, Akihabara, Shibuya, Shinjuku. Kl mau banyak jalan ke luar Tokyo sampai Osaka Kyoto Hokkaido etc disarankan beli tiket JRPass yang sekitar 3jt, jadi lebih irit. Tp kalau cuma  keliling Tokyo dan sekitarnya mending beli tiket per trip
  • Winter yang pengen main ski boleh travel ke gangwondo dan coba stay di resort ski. Atau bisa ke hokaido ada festival snow. Biasanya awal february . Untuk main ski, di sana juga bagus. Ilumination di propinsi Mie ken, juga sangat bagus. Di Kyoto terkenal cantiknya, bisa berfoto dengan kimono style. Dari sana bisa lanjut ke osaka, universal studio jepang. sambung ke mie ken dan nagoya  
  • Di sekitar Tokyo disneyland, banyak hotel. Untuk pergi ke Disneyland dari hotel biasanya di sediakan bis. Hotel disneyland itu bagus tapi mahal harganya. Atau kalau di Hakuba city, ada Koharu resort mba. di search di google saja.  Hotel di sini hitungannya bukan per/kamar tapi per/orang
  • Local type izakaya, tempatnya unik dan makanannya juga, bisa di coba juga oedo onsen di area odaiba salah satu tourist spot, juga bisa kunjungi shinjuku gyoen park yg bisa di jangkau kira2 10 menit dari stasiun shinjuku, bisa liat taman khas jepang yang di tata apik, juga jangan lewatkan kunjungi kediaman kasiar jepang yang di buka untuk umum.
  • Gaya jalan-jalan Backpacker: modal kompas, google map, bahasa Jepang survival dan dengkul alias kemana-mana naik transportasi umum; hotel murah meriah selalu. Di Jepang semua tergantung season, kalo peak season harga hotel dan pesawat pasti mahal sekali, dan tempat2 tujuan wisata utama pasti spt cendol.Tiap kota di jpn punya karakter khas nya sendiri2, baik makanan, yg terkenalnya, dll...jadi wisata ke jpn spt ga ada cukupnya..
  • Link Visa:  http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html 
  • Informasi Visa, Bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta:  
    • www.id.emb-japan.go.jp
    • Formulir permohonan visa. [download (PDF)]dan
    •  Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5
  • Mainland (Honshu) ada 3: Tokyo, Osaka, dan Nagoya (Nagoya tidak sebanyak Tokyo dan Osaka. Jika ini adalah pertama kali anda ke Jepang, tentunya anda ingin dapat highlight tourism, artinya tempat2 yang tidak boleh terlewat. Kansai adalah daerah penting di Jepang.
    Kansai ini meliputi: Kyoto, Osaka, Kobe, Himeji, Nara, juga Mie tempat tinggal saya. Jika anda ke Tokyo dulu, Rina D Thomas sudah menulis itinerary ke mana aja. Nah, dari sana anda bisa ambil Shinkansen langsung ke Kyoto.
    Di Kyoto, anda bisa kunjungi:
    1. Kinkakuji (golden pavilion)
    2. Ginkakuji (silver pavilion)
    3. Arashiyama (melihat empat warna momiji / Japanese maple leaves dan jajaran bambu rapi dan cantik)
    4. Gion district (distrik tua yang masih dilestarikan, banyak tea house). Ini tempatnya geisha. Kalau ke Gion, usahakan jika sudah sore, maka anda akan ketemu mbak-mbak geisha dan maiko (geisha in training) akan berangkat kerja. Tapi tolong jangan ambil foto tanpa minta ijin ya, tolong hormati privacy dan jangan sampai mereka merasa terganggu dengan turis, karena dampak jangka panjangnya bisa tidak baik. Jika baik2 minta ijin foto dengan mereka malah biasanya mereka mau saja.Kyoto bisa jadi satu atau dua hari kunjungan. Ada tiket bus terusan murah sekali, hanya 500 yen bisa dipake ke mana saja dalam sehari. Dari Kyoto anda bisa ambil kereta api ke Osaka atau Nara.
    Di Osaka anda bisa kunjungi:
    • 1. Osaka Castle, ini kastil yang sangat penting buat sejarah Jepang, karena dibangun oleh pemersatu Jepang, Toyotomi Hideyoshi. Jika anda baca novel "Taiko", orang inilah tokoh dalam novel tersebut.
    • 2. Dotonbori. Ini pusat jajan dan pusat jalan2 paling seru dan happening di Osaka. 
    • 3. Osaka Aquarium dan Osaka Bay cruise. Saya belum pernah ke aquariumnya, tapi kata orang banyak worth it kok. Saya pernah ikutan bay cruise-nya, naik kapal gitu. Lucu deh. 
    • 4. Jika suka pertunjukan, di Osaka ada National Bunraku Theater (pertunjukan Bunraku) dan Osaka Kabuki-za (kabuki theater). Teater kabuki yang sebenar-benarnya hanya ada di dua kota, yaitu Tokyo dan Osaka. NaraNara adalah salah satu bekas ibukota Jepang. Di sana ada kuil Buddha tertua dan terbesar di Jepang, yaitu Todaiji.HimejiDi Himeji ada kastil yang dianggap paling cantik di Jepang, yaitu Himeji castle (Himeji-jo / Shirasagi-jo). Kastil ini adalah salah satu UNESCO's world herritage. Sayangnya kastil ini sekarang sedang dalam perbaikan, dan dijadwalkan akan selesai tahun 2015.
  • By the way, jika anda ingin ke Jepang, di sarankan untuk cek website ini, lengkap dan up to date sekali untuk traveler:
    http://www.japan-guide.com/
    Baca detail dan cari saja apa yang ingin anda cari di sini.

    www.japan-guide.com
    Everything about modern and traditional Japan with emphasis on travel and living related information.
  • Kalau sudah sampai Kyoto jangan lupa mampir ke Inari Fushimi biar bisa foto ala young Chiyo di salah satu adegan film Memoirs of Geisha.
  • Kobe adalah Kota yang bagus sekali. Modern, elegan, rapi, teratur, bergaya barat, dan punya karakter sendiri. Orang2nya juga saya amati lebih terbuka, lebih ekspresif. Kobe cukup pantas untuk dikunjungi, karena kota ini pernah dihancurkan oleh gempa hebat, tapi direstorasi dengan sangat baik.
    Selengkapnya tentang destination di Kobe ada di sini:
    http://www.japan-guide.com/e/e2159.html

    Kobe Travel Guide
    : www.japan-guide.comAbout the city of Kobe, Japan.
  • Jika anda menyukai suasana pedesaan, rural Japan juga salah satu tujuan wisata banyak pelancong. Ada beberapa desa di Jepang yang terkenal, karena masih dilestarikan seperti apa adanya selama berabad2. Sepertinya sih yang paling terkenal adalah Takayama, prefektur Gifu. Selain itu ada Miyama dan Ohara no Sato di rural Kyoto.
    Ini tentang Takayama furui machi (old town Takayama): http://www.japan-guide.com/e/e5903.html

    Takayama Travel: Old Town
     www.japan-guide.com
    About the old town of Takayama, which retains a nostalgic Edo Period flavor.
  • Yang ini Miyama: http://www.japan-guide.com/e/e3985.html
  • Biasanya, jika anda pergi ke Takayama, anda akan sekalian ke Shirakawa-go. Kalau di travel agent ini biasanya sepaket. Shirakawa-go adalah desa tradisional Jepang yang atap2 rumahnya dengan daun sirap. If you consider spending winter holiday in Japan
  • Website ini juga bagus buat dilihat. Bisa untuk reservasi akomodasi atau tur, tapi banyak juga memberi tahu "how to", jadi kayak "traveling in Japan for dummies."
    http://japanican.com/en

    Japan Hotels and Ryokan - JAPANiCAN.com
    : japanican.com
    Tips and Trick: 
    • 1. Cek kalender Jepang, kapan saja hari libur. Orang Jepang nggak terlalu banyak libur, jadi ketika ada long weekend, orang2 berbondong2 plesiran. Maka tempat2 wisata juga akan penuh sesak. Calendar – Japan www.timeanddate.com
    •  Di Jepang tidak ada ngetip. Mau restauran, mau taksi, mereka tidak akan menerima uang derma anda. Mau sampai bagaimanapun mereka akan ngotot untuk mengembalikan. Jadi jangan paksakan untuk "nggak papa, ini buat anda, beneran saya terima kas...
    • Ada beberapa tourist pass untuk kendaraan umum, yang menguntungkan terutama jika anda memang terus moving. Jauh lebih murah daripada beli sekali jalan setiap kali mau ke mana.
    • Ada kata yg perlu dihindari untuk diucapkan di Jepang "cincin" dan "mangkok" karena artinya mr.P & ms.V
      Orang Jawa
      suka bilang "yo ben", kalau mengucapkan pelan2 saja, sebab ben itu artinya poop.
  • Ini adalah link untuk discount travel passes di Jepang. Silakan dibaca dengan teliti, ikuti link-nya satu-satu, dipilih dengan itinerary anda.
    http://www.jnto.go.jp/.../transpor.../discount/railways.html

    Nationwide Railway
     www.jnto.go.jp
    Please confirm details with each provider before making your arrangements as the following information is subject to change without notice.
  • Jika anda lapar di tengah jalan atau sedang buru-buru, tidak ada restaurant di sekitar, convenient store (di sini disebut kombini) di Jepang sangat bisa diandalkan. Dari sandwich, sushi, sampai masakan matang ada.